Kunci Jawaban Module Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

fazriansyah.my.id - Dalam dunia pendidikan, peran modul sebagai sarana pembelajaran sangat penting, terutama untuk tingkat Sekolah Dasar (SD). Salah satu modul yang menjadi fokus adalah "Module Merancang Pembelajaran SD/ Paket A". Modul ini dirancang untuk memberikan panduan kepada guru-guru SD dalam merencanakan dan menyusun pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Menyusun modul pembelajaran membutuhkan keterampilan khusus, dan memiliki kunci jawaban yang tepat menjadi landasan penting untuk menilai pemahaman guru terhadap materi. Oleh karena itu, pemahaman yang mendalam terhadap kunci jawaban modul ini dapat membantu guru SD dalam mengembangkan kreativitasnya dalam proses belajar mengajar.

Penggunaan teknologi dan media sosial semakin meluas di era digital ini, dan platform blogspot menjadi salah satu media yang efektif untuk membagikan informasi. Blog dengan fokus pada kunci jawaban modul "Merancang Pembelajaran SD/ Paket A" dapat memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan dunia pendidikan. Dengan menyediakan informasi yang relevan dan akurat, blog ini dapat menjadi sumber referensi yang berguna bagi para guru SD. Pemahaman mendalam terhadap kunci jawaban modul ini tidak hanya membantu guru dalam penyusunan materi pembelajaran, tetapi juga meningkatkan kualitas pengajaran di kelas. Oleh karena itu, blog ini bertujuan untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan mendukung perkembangan pendidikan di tingkat dasar.

Kunci Jawaban Module Merancang Pembelajaran SD/ Paket A

Perhatikan pernyataan-pernyataan di bawah ini terkait keunggulan media ajar :
1. Bermanfaat untuk memberikan pengalaman sensorik.
2. Memudahkan peserta didik untuk memahami materi yang berkaitan dengan fenomena alam
3. Lebih disukai peserta didik karena melibatkan pengalaman audio visual yang disesuaikan dengan perkembangan peserta didik.
4. Mudah dipahami karena disajikan menggabungkan gambar, suara, dan teks.
Berdasarkan pernyataan di atas, keunggulan menggunakan media ajar berupa video ditunjukkan pada nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Bu Anita seorang guru Matematika SD. Pada modul ajar yang didapatkan dari Platform Merdeka Mengajar, Bu Anita sangat tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam menghitung volume bangun ruang. Namun di sekolah Bu Anita, alat peraga bangun ruang yang dibutuhkan belum tersedia, yang tersedia hanya alat peraga bangun datar dengan jumlah yang cukup banyak.
Langkah yang dapat dilakukan Bu Anita agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan pada modul ajar tersebut adalah . . . .
A. Melakukan modifikasi pada tujuan pembelajaran
B. Melakukan modifikasi pada alat dan bahan praktik
C. Melakukan modifikasi pada langkah pembelajaran
D. Melakukan modifikasi pada modul ajar secara keseluruhan

Hal utama apa yang wajib diperhatikan dalam pembuatan langkah pembelajaran?
A. Urutan yang terstruktur sehingga peserta didik mendapatkan pemahaman yang runtut.
B. Media dan metode yang selalu bervariasi agar peserta didik selalu antusias.
C. Menyertakan kuis dan asesmen formatif untuk memantau capaian peserta didik.
D. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan.
Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus memutuskan akan menggunakan 3 aspek utama yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Yang tidak termasuk kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran menunjukkan harmonisasi dalam bermusik adalah . . . .
A. 3 alat musik atau lebih digunakan sekaligus
B. Musik dan vokal terdengar harmonis
C. Suara musik tidak mendominasi
D. Artikulasi dan nada tepat

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun
asesmen adalah . . . .
A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik
B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
C. Menentukan alat ukur yang tepat
D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini :
1. Mengukur pencapaian hasil belajar
2. Mengetahui kemampuan awal peserta didik
3. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik
4. Mendapatkan nilai dari pencapaian hasil belajar.
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen formatif ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 3
D. 2 dan 4

Perhatikan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
1. Bagaimana cara mengukur panjang sebuah meja?
2. Alat apa saja yang dapat digunakan untuk mengukur meja?
3. Bagaimana cara menggunakan timbangan?
4. Apa yang bisa dilakukan untuk mengukur berat udara?
Bu Ami adalah seorang guru Fisika. Saat ini Bu Ami sedang menyampaikan pembelajaran mengenai pengukuran. Dari pertanyaan diatas, manakah pertanyaan pemantik yang dapat digunakan oleh Bu Ami?
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 1 dan 4
D. 2 dan 3

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
2. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
3. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
4. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait pemahaman bermakna ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 3
B. 2 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini:
1. Membuktikan pemahaman yang dicapai setelah mempelajari topik tertentu
2. Meningkatkan motivasi intrinsik peserta didik
3. Menjadi umpan balik proses pembelajaran
4. Membantu dalam menjelaskan manfaat pembelajaran dan tujuan pembelajaran
Pernyataan di atas yang terkait manfaat dari pertanyaan
pemantik ditunjukkan oleh nomor . . . .
A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 1 dan 2
D. 3 dan 4

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini : 
1. Mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik 
2. Memperoleh data berupa nilai dari pencapaian hasil belajar 
3. Mendapatkan gambaran kemampuan awal yang dimiliki peserta didik 
4. Mengetahui kebutuhan belajar peserta didik 
Dari pernyataan di atas, fungsi asesmen sumatif ditunjukkan oleh nomor . . . . 
A. 1 dan 2 
B. 2 dan 3 
C. 1 dan 3 
D. 2 dan 4 

Pak Markus sedang merancang asesmen untuk pelajaran Seni Musik. Pak Markus ingin agar para peserta didik mampu merancang sebuah pagelaran seni secara berkelompok. Pak Markus memberikan kebebasan kepada para peserta didik untuk memilih jenis pagelaran musik yang akan ditampilkan.
Untuk proses penilaiannya, Pak Markus memutuskan akan menggunakan rubrik. Pak Markus akan menggunakan rubrik yang menilai 3 aspek yaitu penampilan, harmonisasi, dan variasi alat musik yang digunakan. Untuk menilai ketercapaian tujuan pembelajaran, maka yang perlu dilakukan Pak Markus
adalah . . . .
A. Menentukan tujuan pembelajaran
B. Menentukan jenis asesmen
C. Menentukan capaian pembelajaran
D. Menentukan kriteria ketercapaian

Ibu Yuki sedang melaksanakan PJJ. Ia hendak menggunakan modul ajar yang tersedia untuk pembelajaran selanjutnya. Setelah mempelajari modul ajar ia mendapat hal-hal berikut:
1. Isi modul ajar untuk pembelajaran luring
2. Modul ajar menyediakan lembar aktivitas yang bisa mengasah kemampuan berpikir proses
3. Modul ajar menyediakan rancangan asesmen yang bisa mendorong kompetensi muridnya secara menyeluruh.
Jika akan menggunakan modul ajar tersebut, modifikasi yang perlu Ibu Yuki lakukan adalah ....
A. Mengganti rancangan asesmen yang sesuai dengan kebutuhan muridnya
B. Mengganti lembar aktivitas dengan lembar aktivitas dari pembelajaran tahun sebelumnya
C. Menyiapkan sarana seperti teknologi pendukung yang bisa mengakomodir aktivitas belajar
D. Mengganti bentuk asesmen menjadi kuis dengan bantuan aplikasi karena lebih mudah dilakukan secara daring 

Berikut merupakan peran media ajar dalam proses pembelajaran yang berpusat pada murid, kecuali
A. Meningkatkan pemahaman murid.
B. Membuat pelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.
C. Jika sesuai minat murid, akan meningkatkan motivasi murid dalam belajar
D. Untuk menggantikan guru mengajar siswa tanpa perlu berinteraksi lagi

Pak Rudy adalah seorang guru Fisika. Pada modul ajar yang didapatkannya dari Platform Merdeka Mengajar, Pak Rudy tertarik dengan aktivitas peserta didik dalam mempraktikkan pembuktian nilai gaya gravitasi. Di sekolah, alat dan bahan yang dibutuhkan sebagian sudah tersedia, namun jumlahnya belum memadai dan belum lengkap. Upaya modifikasi yang dapat dilakukan oleh Pak Rudy agar peserta didik tetap dapat mempraktikkan pembuktian tersebut adalah . . . .
A. Mengajak peserta didik untuk praktik dengan memanfaatkan benda di sekitar mereka.
B. Melakukan praktik dengan menggunakan alat dan bahan yang tersedia.
C. Mengajukan pengadaan alat dan bahan praktik ke pihak sekolah.
D. Meminta peserta didik untuk menonton video terkait praktik tersebut.

Ragam bentuk dari rancangan pembelajaran adalah …
A. RPP
B. Modul ajar
C. Lesson plan
D. Benar semua

Dalam penyusunan asesmen, penentuan alat ukur yang tepat sangat tergantung pada . . . .
A. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran
B. Aspek dan tingkat capaian peserta didik
C. Capaian pembelajaran sesuai fase
D. Lembar penilaian yang disiapkan

Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menyusun
asesmen adalah . . . .
A. Menentukan apa bukti-bukti yang dapat menunjukkan pemahaman peserta didik
B. Menentukan indikator pencapaian kompetensi
C. Menentukan alat ukur yang tepat
D. Menentukan lembar asesmen yang akan digunakan

Tidak semua pertanyaan yang diajukan Guru kepada siswa adalah pertanyaan pemantik. Wiggins dan McTighe dalam bukunya The Understanding by Design menyatakan bahwa ada beberapa pertanyaan yang hanya mencari jawaban "resmi" dan benar (sesuai dengan buku teks) alih-alih membutuhkan jawaban dan penyelidikan yang mendalam. Jenis pertanyaan seperti ini akan mempersingkat proses penyelidikan yang sebetulnya diperlukan sebagai jantung pemahaman mendalam.
Berdasarkan hal tersebut, manakah yang merupakan pertanyaan pemantik dibawah ini?
A. Seorang Guru PAUD membawa sebuah buku kemudian bertanya “Kira-kira siapa yang ada pada gambar ini?”
B. Seorang Guru Ekonomi bertanya “Apa pentingnya bagi kita mengetahui fakta angka inflasi naik setiap tahun?”
C. Seorang Guru Bahasa Indonesia bertanya “Apa saja cerita fiksi yang pernah kalian baca?”
D. Seorang Guru Geografi bertanya “Apakah bumi memiliki banyak lapisan tanah?”

Dengan menggali lebih dalam kunci jawaban modul "Merancang Pembelajaran SD/ Paket A" melalui blog ini, diharapkan para pembaca, terutama para guru SD, dapat memperoleh wawasan baru dan panduan yang diperlukan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran. Melalui kolaborasi antara teknologi dan pendidikan, blog ini berkomitmen untuk terus menyajikan informasi yang relevan dan bermanfaat, menjadikan setiap pengalaman belajar di sekolah dasar lebih berkualitas dan berdaya saing. Mari bersama-sama membentuk generasi penerus yang cerdas, kreatif, dan siap menghadapi tantangan masa depan. Terima kasih atas dukungan dan kunjungan Anda di blog ini, semoga menjadi sumber inspirasi dan pembelajaran yang berkelanjutan.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url